Selasa, 15 Desember 2015

MENGENAL DASAR AUTOCAD 1 ( Perintah LINE dan Polyline )

لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Untuk memulai menggambar di autocad terlebih dahulu kita buka program autocad nya, dimana disini saya menggunakan autocad 2013. Untuk langkah langkah penginstalan saya tidak bahas disini. Kalian bisa cari caranya di tempat lain, cukup cari di Google dengan kata kunci “cara mengistall program autocad”.
Setelah autocad nya terbuka kita akan menemukan layar dengan background hitam dengan grid dan diatas terdapat menu menu yang diantaranya ada menu standar yang kalian pasti sudah familiar, yang berisi menu open file, save, save as Dll. Saya skip saja penjelasan di menu ini.
Sebelum memulai saya biasanya merubah unit dari autocad nya, yang default berada dalam format Inches, cara merubahnya yaitu klik pada menu bar (format ►Unit)




Dalam format unit box ini saya hanya merubah format unit scale nya dari inches ke centimeter, karena saya terbiasa memakai unit centimeter dalam bekerja. Kecuali ada klien mengharuskan unit tertentu maka bisa diubah di menu ini.hal ini juga mempengaruhi nantinya jika kita akan mencetak atau mengimpor gambar lain maka unit scale nya harus dalam format yang sama.


Setelah itu Kita langsung saja masuk ke toolbar Draw. Dimana disini kita menemukan tombol untuk membuat gambar.
Posisi untuk ditampilan awal autocad 2013 seperti ini (dalam kotak merah):


Untuk tampilan di autocad klasik seperti dibawah ini (dalam kotak merah) :


Didalam menu Draw ini terdapat tombol untuk memulai dalam menggambar antara lain :

1.LINE
Yaitu perintah untuk menggambar garis lurus. Disini saya sangat menyarankan untuk mengaktifkan perintah menggunakan keyboard atau mengetikkannya dan bukan dengan menggunakan tombol. Kenapa? Ini nantinya berpengaruh di kecepatan anda dalam bekerja di autocad. Pengalaman saya yaitu waktu banyak terbuang menggerakkan mouse dalam mencari tombol tombol perintah. sementara jika keyboard dikhususkan untuk mengetik perintah dan mouse dikhususkan untuk yang lainnya maka kita akan banyak menghemat waktu. Ok, kembali ketopik.
Perintah line yaitu


L -► spasi ► Lalu klik ke dalam area gambar lalu geser kursor mouse kekanan ► input dengan mengetik nilai 20 ► spasi ► spasi

(spasi digunakan untuk mengeksekusi perintah dan juga mengakhiri perintah tersebut)
perintah diatas akan menghasilkan garis lurus kekanan dengan ukuran 20


Contoh ke dua saya ingin membuat segitiga dengan ukuran sisi satu 20cm dan sisi kedua 10cm langkahnya.
Perintah yang saya eksekusi sebagai berikut :
L ► spasi ► Lalu klik ke dalam area gambar lalu geser kursor mouse kekanan ► input dengan mengetik nilai 20 ► spasi ► geser kursor mouse kebawah ► input dengan mengetik nilai 10 ► spasi ► C ► spasi

Huruf C disini merupakan perintah close yaitu menghubungkan titik awal kita dengan titik akhir yang kita buat. Bantuan lain untuk suatu perintah dapat dilihat dalam command line dibagian bawah layar.pada gambar dibawah ini bisa dilihat di kotak berwarna merah.
Untuk perintah undo ( U ) berfungsi membatalkan garis sebelumnya.kedua perintah bantuan ini bisa dilihat di bagian bawah layar seperti gambar ini :


Hasil dari perintah diatas adalah segitiga seperti gambar dibawah ini.


Silahkan mencoba dengan membuat bidang yang lain.
Usahakan dilakukan dengan berulang ulang supaya membiasakan penggunaan keyboard dalam mengeksekusi perintah.

2.POLYLINE (PL)

Polyline adalah perintah membuat garis yang tak terputus dan merupakan satu kesatuan.
Coba bandingkan dengan bidang yang dibuat dari Line dengan bidang yang dibuat dengan Polyline.
Pertama kita buat segitiga dengan perintah line :

L ► spasi ► Lalu klik ke dalam area gambar lalu geser kursor mouse kekanan ► input dengan mengetik nilai 20 ► spasi ► geser kursor mouse kebawah ► input dengan mengetik nilai 10 ► spasi ► C ► spasi

Dan disampingnya kita buat segitiga yang lain dengan perintah Polyline :

PL ► spasi ► Lalu klik ke dalam area gambar lalu geser kursor mouse kekanan ► input dengan mengetik nilai 20 ► spasi ► geser kursor mouse kebawah ► input dengan mengetik nilai 10 ► spasi ► C ► spasi

Sepintas tidak ada yang beda dengan kedua segitiga ini tetapi coba pilih keduanya dengan mengklik pada segitiga pertama dan kedua.


Segitiga dikiri dibuat menggunakan perintah Line dan yang kedua menggunakan perintah Polyline. Dan masing masing saya mengklik pada sisi yang miringnya.
Terlihat jelas perbedaannya yang dibuat dengan polyline merupakan bidang yang menjadi satu kesatuan sedangkan yang dibuat dengan line itu merupakan bagian yang terpisah.

Adapun bantuan dari perintah polyline ini antara lain :


Arc ( A ) : membuat garis lengkung dalam polyline
Halfwidth (H) : mengatur ketebalan yang berbeda diawal dengan akhir garis polyline
Length (L) : panjang polyline
Undo (U) : membatalkan garis sebelumnya
Width (W) : mengatur ketebalan garis polyline.

Adapun bantuan bantuan perintah didalamnya kalian pelajari sendiri ya. :D

Cukup untuk kali ini, dilanjut di artikel berikutnya

لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


"Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! Tapi kalau yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. Kalau dia telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu berlaku adil; sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil."(Al Hujuraat |49|9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar