Senin, 21 Desember 2015

MENGENAL DASAR AUTOCAD 3 ( Perintah Arc dan Construction Line )

لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Hai, kita lanjut lagi latihannya. Yang akan saya bahas kali ini adalah membuat busur lingkaran (ARC) dan Construction Line (XLine)

5. Arc (A) atau perintah untuk menggambar busur lingkaran tidak terlalu sering saya pakai namun kadang dibutuhkan dalam menggambar di Autocad. Untuk menjalankan perintah ini cukup menekan huruf A di keyboard atau klik iconnya di toolbar seperti dibawah ini.




Adapun sub perintah dari Arc (A) ini sendiri ada 2 yaitu Center dan End.
Sub perintah yang pertama yaitu center, contoh penggunaannya yaitu :

A ► spasi ► Lalu klik ke dalam area gambar ►*geser mouse kekiri. ► C ► input nilai jari jarinya (dalam hal ini saya member nilai 15) ►spasi ► input lagi nilai besar sudut busur lingkaran yang akan dibuat. (dicontoh ini saya buat 118°) ►spasi

Hasil dari perintah diatas seperti gambar dibawah ini.


Untuk sub perintah End (E) contohnya sebagai berikut

A ► spasi ► Lalu klik ke dalam area gambar ► E ►*geser mouse kekiri. ► input nilai panjang mendatar busur (dalam hal ini saya member nilai 20) ► spasi ► R ► spasi ► input lagi nilai jari jari busur lingkaran yang akan dibuat. (dicontoh ini saya buat 15°) ► spasi

Dari perintah diatas kita menghasilkan gambar busur lingkaran dengan jarak mendatar 20 dengan jari jari 20 seperti gambar dibawah ini :


Perintah ini saya menggunakan sub perintah lagi yaitu R (radius), yaitu untuk menentukan jari jari dari busur lingkaran tersebut. Sub perintahnya ada 3 yaitu :
- R (Radius)
- A (Angle)
- R (Rotation)


Ada banyak kombinasi yang bisa kalian eksplore sendiri.contohnya disini saya membuat busur lingkaran yang menghubungkan 3 ujung garis. Perintahnya adalah :

A ► spasi ► Lalu klik ke ujung garis no.1 ► Lalu klik ke ujung garis no.2 ► Lalu klik lagi ke ujung garis no.3

Hasilnya sebagai berikut :


6. Selanjutnya Construction Line (XL)
XLine adalah garis yang tak berujung, biasa saya gunakan sebagai garis bantu untuk membuat suatu gambar mempunyai level ketinggian, sisi ataupun kemiringan yang sama.
Perintahnya cukup sederhana. Yaitu :

XL ► H ► klik diarea gambar tempat pusat dari construction line ini ► spasi (atau klik lagi ditempat lain untuk menambah garis konstruksi dan akhiri dengan menekan spasi)

Perintah diatas untuk membuat Construction line yang mendatar

XL ► V ► klik diarea gambar tempat pusat dari construction line ini ► spasi (atau klik lagi ditempat lain untuk menambah garis konstruksi dan akhiri dengan menekan spasi)

Perintah diatas untuk membuat Construction line yang tegak lurus

Sub perintah dari XLine (construction line) ini ada 5 macam


1. H : Membuat Construction line sejajar sumbu X atau horizontal.
2. V : Membuat Construction line sejajar sumbu Y atau Vertikal.
3. A : Membuat Construction line dengan sudut kemiringan tertentu.
4. B : Membuat Construction line dengan cara menentukan titik titik yang telah mengapit garis XLine tersebut.
5. O : Membuat Construction line yang arahnya parallel terhadap garis tertentu (garis referensi).
Adapun contoh garis yang saya buat digambar ini.


Garis merah adalah XLine dengan sub perintah V(Vertikal), garis putih adalah XLine dengan sub perintah H (Horisontal) dan yang kuning adalah XLine dengan sub perintah A (angle) atau menentukan sudut kemiringan dari XLine tersebut.
Silahkan mengeksplore sub perintah yang lain dan kombinasi cara yang lain pula, cari cara yang kalian anggap mudah dan latih hingga mahir. Sekian sesi kali ini.

لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Dari Abu Dzarr RA. Rasululloh SAW bersabda, “ Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalanan merupakan sedekah dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah” (H.R. Tarmidzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar